Selain Bakpia Pathok Ternyata Makanan Ini Juga Khas Yogyakarta lo, Apa Aja Sih?

AswajaNews – Ketika mendengar Yogyakarta makanan yang terlintas pastinya bakpia pathok yang sangat terkenal hingga menjadi buruan wisatawan saat ke Jogja. Namun, ada makanan lain lo yang tak kalah lezat.

Dua makanan khas Yogyakarta ini memang tidak se-populer bakpia pathok, namun penggemarnya juga tak kalah banyak. Pertama ada yangko dan juga bakpia kukus, dua jajanan manis yang juga merepresentasikan manisnya kota Yogyakarta jika kita berkunjung ke sana.

Yangko menjadi kuliner khas Yogyakarta yang juga dipilih menjadi oleh-oleh ketika wisatawan berkunjung ke Yogyakarta. Kue dengan tekstur kenyal, berbahan dasar ketan, dan memiliki cita rasa manis ini disebut mirip moci. Kue ini merupakan makanan khas Kotagede salah satu daerah di Yogyakarta.

Seiring perkembangan zaman, yangko tidak hanya memiliki cita rasa original saja namun juga berkembang dan dikombinasikan dengan rasa lain seperti strawberry, durian, coklat dan lainnya.

Selanjutnya yaitu bakpia kukus khas Yogyakarta, kuliner ini peminatnya tak kalah banyak dengan bakpia pathok pada umumnya.

Kue ini merupakan kue kukus dengan berbagai macam isian vla yang menciptakan sensasi meleleh di mulut berpadu dengan kelembutan dari roti kukus.

Banyak sekali varian rasa yang bisa kalian pilih saat akan membeli bakpia kukus ini seperti original, coklat, keju, pandan ataupun kombinasi beberapa rasa yang mereka sediakan.

Kemunculan dua kuliner ini memang berbeda, yangko jauh lebih dulu ada dibandingkan dengan bakpia kukus. Yangko sudah dikonsumsi raja sejak era Kesultanan Mataram Islam namun bakpia kukus muncul beberapa tahun belakangan ini.

Namun meski begitu dua makanan ini masih sangat tinggi peminatnya. Jadi kalau kalian sedang di Yogyakarta jangan lupa beli yangko dan bakpia kukus ya.*** (Fauza)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *