Diantara Ratusan Keris dalam Pameran Pusaka Grebeg Suro 2024 Ponorogo yang Dihadiri Fadli Zon, Ada Dua Keris Milik Prabowo Subianto

Aswaja News – Ada 2 keris milik Prabowo Subianto yang dipamerkan dalam Pameran Pusaka Grebeg Suro 2024 yang dihadiri ketua Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) Fadli Zon di Pendopo Agung, Kamis (4/7/2024) malam.

Pameran pusaka bertajuk ‘Pagelaran Nasional Keris Nusantara’ tersebut akan menampilkan berbagai jenis keris pusaka dari berbagai daerah dan zaman, workshop pembuatan keris, dan bursa keris yang diikuti oleh 80 peserta.

Pameran pusaka ‘Kyai Tunggul Nogo’ ini akan berlangsung sejak tanggal 4 juli hingga 6 juli 2024 di Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo.

Fadli Zon mengungkap, bahwa diantara ratusan keris yang dipamerkan ada 2 buah keris milik Prabowo Subianto.

“Ada juga 2 keris milik Pak Prabowo yang turut dipamerkan disini, jenisnya keris bali sekitar dari abad ke 16 atau 17,”ungkapnya.

Diketahui, senjata keris adalah satu benda warisan budaya Indonesia yang statusnya sudah diakui Unesco.

Lebih lanjut, dia mengapresiasi pameran keris yang baru saja dibuka oleh Sugiri Sancoko tersebut dan menyebut hal itu sebagai edukasi bagi masyarakat.

“pameran keris satu bentuk apresiasi dan edukasi terutama masyarakat tentang keris sebagai budaya yang diakui Unesco sebagai salah satu warisan budaya tak benda dunia. Kami apresiasi,” tegasnya.

Mengaku sudah pernah ke Galerinya Fadli Zon, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengungkap permintaan agar Fadli Zon berkenan turut mengisi koleksi museum peradaban ketika siap dikunjungi kelak.

“Beberapa bulan lalu sempat berkunjung ke museum miliknya dan melihat berbagai koleksinya. Saya tes, ternyata hafal semua asal usul koleksinya. Oleh karena itu, Mohon bantuan untuk koleksi bapak untuk kami pinjam dan dipamerkan di Museum Peradaban yang sedang kami bangun bersama Monumen Reog agar jadi pemikat,”ungkapnya. (Mus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *