Fatayat NU Ponorogo Kembali Gelar Safari Qurban Hingga Bagikan 100 Paket Daging Kepada Mustahik di Kauman

Aswaja News – Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Ponorogo kembali menggelar ‘Safari Qurban’ bekerja sama dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Kecamatan Kauman pada Selasa, (18/6/2024).

Safari Qurban tersebut diketahui telah berlangsung belasan tahun lalu dan masih dipertahankan hingga sekarang.

Pada Idul Adha 1445 H kali ini, Safari Qurban digelar di dua kecamatan yakni Kecamatan Sambit dan Kecamatan Kauman.

Adapun tema yang diangkat yakni ‘Dengan Peringatan Hari Raya Idul Adha Perkuat Kesalehan Individu dan Sosial’.

Acara yang diselenggarakan di Masjid Ki Ageng Keling Desa Pengkol, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo tersebut telah berhasil menyembelih hewan qurban yakni 1 ekor sapi.

Dalam sambutannya, Ketua Ranting NU Desa Pengkol, Moh Alwy Amru Ghozali mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan Fatayat memilih Desa Pengkol sebagai tempat Safari Qurban.

“Terima kasih telah memilih masjid Ki Ageng Keling, kami sangat senag diberikan amanah terutama kegiatan keagamaan. Semoga bermanfaat,” katanya.

Sebanyak 25 warga dan 25 pengurus PAC Fatayat NU Kecamatan Kauman turut bergotong royong dalam mensukseskan Safari Qurban tersebut.

Acara dimulai dengan pembacaan rotib manaqib oleh seluruh Ketua Ranting Fatayat NU se-Kecamatan Kauman dengan iringan Grup Banjari Wardatul Jannah.

Ucapan terima kasih turut disampaikan Ketua PAC Fatayat NU Kauman, Sahabat Erlin Susana atas kerja sama berbagai pihak.

“Terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat dan Banom NU Kauman dan Ranting Pengkol telah membantu suksesnya acara Safari Qurban ini. Kami berharap ini menjadi berkah dan manfaat bagi banyak pihak,” katanya.

Turut hadir dalam Safari Qurban tersebut yakni Ketua Tanfidziyah MWC NU Kauman, Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziyah Desa Pengkol, Ketua Muslimat Ranting Pengkol, GP Ansor Ranting Pengkol serta Ta’mir Masjid setempat.

Nuurun Nahdiyyah KY, Ketua PC Fatayat NU Ponorogo memberikan pesan mendalam tentang makna berqurban dalam menjaga ikatan hablunminAllah.

“Berqurban merupakan sebuah bentuk muhasabah kita yang kemudian disebut hablumminAllah,” katanya.

Lebih lanjut dielaskan bahwa kegiatan Safari Qurban ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan dalam bentuk anjangsana ke seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU se-Ponorogo.

“Tidak hanya di Kecamatan Kauman saja, Safari Qurban hari ini juga dilaksanakn di Kecamatan Sambit yakni 2 ekor kambing. Dan di sini (Kauman) 1 ekor Sapi yang dibagikan kepada masyarakat sesuai syariat,” pungkasnya.

Diketahui bahwa hasil penyembelihan hewan qurban menghasilkan kurang lebih 100 paket yang telah dibagikan kepada Mustahik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *