Wow! Ini 7 Event Unggulan Jawa Timur Juni 2024, Ponorogo Salah Satunya?

Aswaja News –ada banyak sekali event yang diadakan sepanjang tahun 2024 awal di berbagai daerah di Jawa Timur yang kerap menuai decak kagum ribuan penonton.

Untuk warga yang domisili di Jawa Timur dan mempunyai waktu luang, berikut rekomendasi event yang wajib masuk list kalian:

1. Sendratari ‘Meras Gandrung’

Pagelaran seni dan budaya yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi ini merupakan pementasan kolosal sebagai perayaan kelulusan gandrung muda Banyuwangi yang berjuang keras menjadi penari gandrung professional.

2. East Java Fashion Harmony

Adalah sebuah event fashion berasal dari Kabupaten Tulungagung ini mengangkat tema budaya wastra Jawa Timur berupa kain dan tentun. Event tersebut mendorong para maestro batik dan tenun untuk berkolaborasi dengan perancang busana Jawa Timur

3. Festival Kresnayana

Event ini direncanakan bakal digelar 3 kali pada tahun 2024. Pagelaran sendratasi kolosal yang berasal dari Kabupaten Blitar tersebut menampilkannn kisal Sri Krisna atau Narayana kecil yang sederhana di Widarakandang dalam asuhan Deman Sagopa.

4. Festival Nasional Reog Ponorogo

Event FNRP selalu diadakan pada bulan Muharram atau 1 suro dalam kalender jawa atau disebut grebeg suro. Event yang telah ada sejak tahun 1995 tersebut menyuguhkankan kesenian asli Kabupaten Ponorogo yakni Reog yang dikompetisikan setiap tahunnya.

5. Tradisi Bhayangkara

Tradisi Bhayangkara digelar dengan mengangkat kisah terbentuknya pasukan Bhayangkara oleh patih Gajah Mada saat pemberontakan Ra Kuti di tempat pelarian Raja Majapahit tepatnya di hutan Mbedander, Kabupaten Bojonegoro.

6. Larung Sembonyo (Prigi Beach Carnival)

Tradisi upacara sedekah laut tumpeng agung ini berasal dari Kabupaten Trenggalek. Dalam event tersebut terdapat pertunjukan tari, perlombaan, fashion show, pasar malam, bazar rakyat, pagelaran rakyat hingga limbukan.

7. Segoro Topeng Kaliwungu

Dinilai dapat membangkitkan pariwisata di Kabupaten Lumajang, event ini menyuguhkan pertunjukan yang menarik.

Terdapat pertunjukan 500 penari topeng Kaliwungu dan 50 jaran kencak lengkap latar tempat pagelaran yang selalu diadakan di pesisir pantai. Selain itu,terdapat penampilan kolosal kidung katresnan.

Wow! Buruan dicatat di kalender kalian untuk event juni 2024 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *