MI Ma’arif Gandu Gelar Lomba Keagamaan Dalam Rangka Memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW 1444 H

Aswaja News – Rabu, 7 Februari 2024 ada nuansa yang berbeda dari hari efektif sebelumnya. Betapa tidak, seluruh siswa siswinya berbusana muslim dan membawa “pelang” untuk memperingati Peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW tahun 1445 H.
Moment peringatan hari bersejarah dalam Islam ini diisi dengan menggali potensi bakat dan minat siswa. Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini yaitu, “Mewujudkan Generasi Muslim yang Kreatif dan Inovatif”. Seperti dalam tema tersebut, tujuan diadakan kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan semangat sebagai generasi muda untuk lebih kreatif dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

Peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW adalah kegiatan rutin MI Ma’arif Gandu yang dilaksanakan setiap tahunnya. salah satunya lomba-lomba. Adapun berbagai jenis lomba pada tahun ini, yaitu Lomba Kaligrafi, Lomba Adzan, Lomba Pidato 3 bahasa, Lomba Tahfidz Juz 3, Lomba menggambar, MTQ dan Puisi.

Berbagai lomba tersebut digelar bertujuan untuk menyalurkan bakat-bakat yang dimiliki siswa-siswi MI Ma’arif Gandu. Serta mencari bibit-bibit unggul yang nantinya akan bisa mewakili madrasah di ajang lomba tingkat KKM, regional atau nasional.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam lingkup madrasah yang melibatkan guru, karyawan, dan seluruh siswa MI Ma’arif Gandu.

Sebelum melaksanakan perlombaan peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW 1445 H, seluruh siswa mengikuti kegiatan pengarahan dan pembinaan dari kepala madrasah. Kemudian, dilanjutkan kegiatan pembukaan lomba bakat dan minat

Kegiatan lomba dibuka langsung oleh Kepala MI Ma’arif Gandu, Drs. Abdullah Zumar. Dalam sambutanya beliau mengatakan bahwa peringatan Isro’ Mi’roj ini untuk menumbuhkan semangat beribadah khususnya salat lima waktu, mengambil hikmah perjalanan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW, menumbuhkan semangat membaca Al Quran dengan benar, dan menyampaikan pesan Isro’ Mi’roj.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat mengingatkan kembali kepada anak-anak muda sekarang ini tentang berbagai sejarah-sejarah penting dalam islam, salah satunya di bulan ini yaitu peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW. Selain itu, diadakannya kegiatan ini berharap dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Semoga anak-anak juga bisa mengambil hikmah dari perjalanan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad dan mencontoh sikap-sikapnya di kehidupan sehari-hari,”ujarnya.

Agenda menggali potensi bakat dan minat siswa MI Ma’arif Gandu:

  1. Pidato 3 bahasa: 17 Siswa.
  2. Menyanyi Islami:19 Siswa.
  3. Tahfidz: 18 Siswa.
  4. MTQ: 20 Siswa.
  5. PUISI: 25 Siswa
  6. Menggambar: 71 Siswa.
  7. Kaligrafi: 30 Siswa.

Adapun Koordinator Panitia Ahsan Ridlo, S.Pd., Wahlul Arba’i , S.Ag., Lalik Lutfiana, SE dan Lufiah Khairatun MW, S.Pd. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *