Penyuluh Agama KUA Mlarak Berikan Edukasi Fiqh Kewanitaan Kepada Siswi MI Ma’arif Gandu

Aswaja News – Kamis, 25 Januari 2024, Penyuluh Agama Kantor Urusan Agama kecamatan Mlarak Kantor Kementerian Agama kabupaten Ponorogo bekerjasama dengan MI Ma’arif Gandu mengadakan kegiatan edukasi kewanitaan sejak dini.

Kegiatan Bincang Tentang Haid dengan para siswi kelas 5 dan 6 ini diharapkan mampu mengedukasi dan memberikan pencerahan kepada siswi madrasah agar lebih tahu secara detail kondisi yang akan dihadapi masa depan.

Dalam kegiatan Bimbingan Risalatul Mahidh bagi siswi siswi MI Ma’arif Gandu disampaikan oleh Ustadzah Jihan Aniqotul Izzah, S.H.I dan Munsifah, S.Sos dari Penyuluh Agama KUA Kecamatan Mlarak.

Pemateri menekankan kepada para siswa bahwa seorang wanita wajib untuk mempelajari tentang haid. Karena semua wanita pasti mengalami keadaan tersebut.

“Pemberian edukasi sejak dini merupakan bentuk kepedulian KUA Kecamatan Mlarak terhadap perkembangan santri dalam memahami apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Khususnya perempuan yang mengalami siklus haid akan dihadapi di kemudian hari. Edukasi tentang haid kepada siswi memberikan gambaran bahwa siklus tersebut adalah wajar dan bagaimana cara menyikapi ketika sedang mengalami haid, dan diberikan pemahaman mengenai apakah yang dialami haid atau bukan.” Ujar mbak Jihan.

Drs. Abdullah Zumar selaku kepala MI Ma’arif Gandu menaruh harapan dengan materi yang disampaikan kepada para siswi MI Ma’arif Gandu, mereka bisa memahami materi tentang haid dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan edukasi dini ini sangat bermanfaat bagi siswa kita, karena akan mengetahui sejak awal terkait yang akan dihadapi seorang wanita. Kami berharap kegiatan ini bisa dicerna oleh siswa kami” ucapnya.

Kerjasama Penyuluh Agama KUA Mlarak dan MI Ma’arif Gandu Sudah terjalin secara sistematis dan rutin sejak beberapa tahun terakhir. Kegiatannya dilaksanakan sebulan 4 kali yang terdiri:
1.Edukasi kewanitaan di minggu ganjil.
2.Tahfidz Alquran di minggu genap.

(IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *