Kunjungan Kerja Kasi Pontren Kemenag Ponorogo ke Pondok Pesantren Al Islam Joresan

Aswaja News – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) tengah meluncurkan Program Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren tahun anggaran 2023.

Program Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren adalah program tahunan Kemenag. Sejak digulirkan di tahun 2021, sebanyak 609 Pesantren telah menerima bantuan inkubasi ini.

Pondok pesantren Al Islam merupakan salah satu dari 14 Pondok Pesantren di Ponorogo yang menerima program inkubasi perekonomian pesantren yang digelontorkan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sebagai langkah awal, Kementerian Agama kabupaten Ponorogo, melakukan monitoring dan evaluasi program tersebut ke pondok pesantren penerima, salah satunya adalah Pondok Pesantren Al Islam.

Kegiatan monitoring tersebut berlangsung pada hari selasa, 26 September 2023 langsung oleh kasi PD Pontren, H. Ayyub Ahdiyan Syam, SH. Di dampingi oleh okeh sekretaris yayasan, Pengasuh Asrama Putri dan kepala Madrasah Aliyah meninjau langsung bantuan inkubasi perekonomian pesantren berupa bisnis Loundry.

Diharapkan oleh kasi PD Pontren, bantuan inkubasi ini merupakan stimulasi untuk peningkatan ekonomi pesantren. Karena dengan jumlah santri mukim di Al Islam yang berjumlah seribu lebih ini, saya yakin merupakan aset yang luar biasa untuk mengembangkan usaha loundry ini. Sambutnya.

Beliau selain melihat langsung mesin Loundry juga sempat meninjau Poskestren yang sudah menjalin kerjasama dengan RSU Muslimat Ponorogo yang setiap Selasa dihadiri dokter praktek untuk memantau kesehatan santri.(IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *