Beragam Tumbuhan Obat Dalam Al-Qur’an

Berbagai jenis tanaman disebutkan dalam Al-Qur’an, seluruhnya memberi banyak manfaat bagi kehidupan di dunia.

Aswaja News- Tidak ada yang diciptakan Allah sia-sia. Allah berfirman dalam Al-Qur’an surah Ali-Ilmran ayat 191 ;

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Yang artinya ” (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.

Di dalam Al-Quran banyak disebutkan berbagai macam tumbuhan, termasuk tumbuhan yang dapat dimakan dan digunakan dalam pengobatan, seperti jahe yang digunakan untuk obat batuk, delima untuk obat peradangan usus, pisang untuk obat diare, dan masih banyak lagi. Tumbuhan-tumbuhan tersebut telah menarik perhatian para ahli botani, biokimia, dan farmakognosi (spesialis obat alami).Mereka semua tertarik untuk menemukan manfaat dan efek peningkatan kesehatan, serta sifat aktif yang dimiliki tumbuhan-tumbuhan tersebut. Tumbuhan memiliki peran penting dalam pemeliharaan bumi.

Sebagian besar makanan manusia dan produk-produk lainnya berasal dari tumbuhan seperti kayu, minyak, pestisida, dan yang paling penting adalah obat. Menurut WHO pada tahun 2003, 74% obat diperoleh dari isolasi tumbuhan, 18% dari jamur, 5% dan 3% dari bakteri dan vertebrata. Tumbuhan menghasilkan biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran yang digunakan sebagai makanan manusia. Selain itu tumbuhan juga digunakan sebagai hiasan, dan obat dalam ilmu medis.

Al-Quran merupakan buku referensi terbaik yang menjelaskan pentingnya tumbuhan untuk pengobatan beberapa penyakit dalam berbagai surat. Penyembuhkan suatu penyakit melalui tumbuhan obat selalu menjadi fitur menonjol dalam pengajaran islam. Pengobatan islami sudah dimulai sejak nabi Adam AS dan selesai pada nabi Muhammad SAW, tetapi penelitian dan pengumpulan obat-obat tersebut masih berlanjut sampai sekarang di seluruh dunia.

Ada banyak tumbuhan yang disebutkan dalam Al-Qur’an, masing-masing tumbuhan ini memiliki keunggulan dan manfaat bagi kehidupan antara lain ;

1. Pisang.

Pisang ( Punica Granatum L) buah pisang disebutkan dalam Al-Quran Surah Al-Waqiah ayat 29. Bagian yang dapat digunakan yaitu ; daun, buah dan kulit. Adapun juga manfaat buah pisang terdapat kandungan pektin dalam pisang sebagai obat anti diare, ekstrak daun pisang sebagai anti mikroba, kulit buah pisang mengandung antioksidan, satu kali makan pisang mengurangi gangguan oksidatif pada manusia, buah pisang juga terbukti dapat mengurangi resiko kanker, ekstrak kulit pisang juga terbukti dapat membantu pengobatan hiperlapsia prostat jinak.

2. Mentimun.

Mentimun (Cucumis Sotivus L) Mentimun juga disebutkan dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 61. Bagian yang dapat digunakan pada mentimun ialah : daun, buah dan biji. Adapun juga manfaat dati mentimun ; pengobatan masalah kulit, menghentikan sensasi kulit terbakar, menghentikan demam, obat pencahar, anti infamasi, mencegah kanker, anti bakteri, menjaga dari dehidrasi, menurunkan tekanan darah.

3. Anggur.

Anggur ( vitis vinifera L) buah anggur juga disebutkan didalam Al-Qur’an ( surah Al-Baqarah ayat 266, surah Al-Anam ayat 99, surah Ar-Raad ayat 09 ). bagian yang dapat digunakan pda buah anggur adalah; daun, buah dan biji. Adapun manfaat dari buah anggur , daun anggur dapat menghambat produksi radikal bebas, buah anggur mengandung aktioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas, biji anggur mengandung protein,serat, mineral dan air.Proantosianidin dalam biji anggur menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat, memodulasi fungsi imun dan aktivitas platelet.Dapat menghambat aterosklorosis dan mencegah peningkatan konsentrasi kolesterol lipoprotein densi tas rendah (LDL)

4. Delima.

Delima ( Punica Granatum L) buah delima juga disebutkan dalam Al-Qur’an ( surah Al-Anam ayat 99, surah Ar-Rahman 68 ). Bagian yang dapat digunakan pada buah delima yaitu; daun dan biji.Adapun beberapa manfaat dari buah delima, minyak dari biji delima membantu mengubah prostaglandin (mediator penyebab infamasi). Jus delima dapat menurunkan penyerapkan kolesterol dan juga tekanan darah tinggi.Mencegah penyakit kardiovaskulator.

5. Kurma.

Kurma ( Phoenix Dactilifera L ) kurma disebutkan didalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 61. Bagian yang dapat digunakan; daun, buah dan biji, Adapun manfaat yang terkadung pada kurma yaitu; pengobatan masalah kulit dan mata, membantu memenuhi asupan gizi, menjaga kesehatan tulang, mengontrol kadar gula darah, menangkal radikal bebas, membantu menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menjaga kesehatan ibu hamil.

6. Jahe.

Jahe (zingber officinale) jahe juga disebutkan dalam surah Al-Insan ayat 17, bagian yang dapat digunakan; rimpang nya. Adapun manfaat dari jahe adalah dalam pengobatan tradisional, jahe dapat digunakan untuk penyakit pencernaan, aritis, rematik, nyeri otot, dan karnadiovaskular. pencegahan dan pengobatan kanker.

7. Tin / Ara.

Buah tin / ara (Ficus carica) buah tin juga telah disebutkan dalam Al-Qur’an surah At-Tin ayat 1-4, bagian yang sering digunakan terdapat pada daun, buah dan akar. Adapun juga manfaat dari buah tin yaitu obat penyakit pencernaan, pernafasan (batuk, sakit tenggorokan dan masalah bronkial) , antioksidan, menyembuhkan anemia, meningkatkan kesehatan jantung, membantu mempertahankan berat badan sehat.

8. Zaitun.

Zaitun (Olea Europaea L) Buah zaitun juga disebutkan didalam Al-Qur’an (surah Al-Anam ayat 41 dan 91, surah An-Nahl ayat 11) bagian yang sering digunakan yaitu buahnya saja. Adapun manfaat dari buah zaitun yaitu terdapat ; sumber antioksidan alami, obat antidiabetik, mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengendalikan kadar gula darah, memelihara fungsi otak. (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *