Fakta Menarik Tentang Jintan Hitam dari Timur Tengah.

Pengobatan cara Nabi Muhammad atau Thibbun Nabawi.

Aswaja News- Habbatussauda (Nigella sativa) adalah jintan hitam yang digunakan untuk pengobatan herbal. Biji jintan hitam dipakai sebagai obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jintan hitam berasal dari Asia Barat dan Asia Selatan dan sudah dikonsumsi selama 2.000 tahun. Habbatussauda tumbuh sepanjang 30 cm dan menghasilkan biji untuk bumbu masak. Komponen utama dari minyak biji hitam ini adalah thymoquinone, senyawa bersifat antioksidan. Habbatussauda dijual dalam kemasan minyak, suplemen, dan kapsul untuk obat. Selain obat herbal, biji jintan hitam ini juga dipakai untuk masakan Timur Tengah dan India. Aroma biji jintan hitam sedikit pahit dan pedas seperti kombinasi bawang merah dan lada hitam. Habbatussauda mengandung protein nabati, serat, mineral, dan vitamin yang penting untuk tubuh. Mengutip dari halaman jurnal “Nigella sativa L.

Selain itu biji jintan mengandung zat besi, tembaga, seng, fosfor, kalsium, thiamin, niasin, piridoksin, dan asam folat. Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan Habbatussauda memiliki beragam manfaat untuk lambung dan imun tubuh. Kandungan antioksidan pada Habbatussauda bisa mengurangi penyakit seperti kanker, diabetes, jantung, dan obesitas.

Itu sebabnya tanaman ini direkomendasikan oleh Rasulullah untuk menyembuhkan sakit dalam beberapa riwayat hadits. Tentang habbatussauda diriwayatkan oleh Aisyah RA yang mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya habbatussauda ini adalah penawar segala penyakit kecuali Al Sam. Kemudian Aisyah ra bertanya, Apakah itu Al Sam Ya Rasulullah? Beliau menjawab, Kematian.” (HR. Shahih Bukhari)

Selain itu dalam riwayat lain juga disebutkan cara penggunaan habbatussauda. Cara tersebut dijelaskan dalam hadits berikut ini: Diriwayatkan dari Khalid bin Saad, beliau berkata, “Kami keluar bersama Ghalib bin Abhar  kemudian berkata kepada kami, “Pakailah habbatussauda ini dan ambillah lima atau tujuh dan haluskanlah. Kemudian taburkan pada hidung dengan beberapa tetesan minyak pada sisi ini dan sisi ini. Karena sesungguhnya Aisyah ra mengatakan padaku, beliau mendengar Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya Habbatussauda ini adalah penawar dari segala penyakit.” (HR. Bukhari)

Dari kedua hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa tanaman habbatussauda memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk mengetahui manfaat dan khasiat habbatussauda lebih jelas, simak uraian dibawah ini berikut!

Khasiat Habbatussauda

Musdar Bustamam Tambusai dalam bukunya Halal-Haram Ruqyah menjelaskan, tanaman habbatussauda memiliki zat-zat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Zat-zat tersebut antara lain:

  • Terdapat zat alanine yang digunakan sebagai anti oksidan yang mencegah penyakit kanker.
  • Terdapat methionine yang digunakan untuk mencegah eksim kulit.
  • Terdapat kandungan spinasterol yang digunakan sebagai obat peradangan.
  • Terdapat kandungan arginine yang digunakan sebagai anti hipertensi, penambah sel sperma, stimulan, dan kelenjar hipofisis.
  • Habbatussauda juga mengandung asam askorbat yang digunakan untuk mencegah penyakit rematik, tukak lambung dan asma.
  • Mengandung zat sisterol yang digunakan untuk mencegah tumor.
  • Mengandung kalsium yang digunakan untuk mencegah tulang keropos atau osteoporosis.
  • Mengandung zat selenium yang digunakan untuk mencegah resiko terjadinya kanker usus besar, paru-paru, kelenjar prostat, dan menjadikan jaringan tubuh lebih elastis, dan sebagai anti ketombe.
  • Tanaman ini juga mengandung Chromium yang digunakan untuk menormalkan metabolisme gula darah, meningkatkan kepekaan sel pada insulin, meningkatkan kadar kolestrol dan trigliserida, serta memperbaiki toleransi sel terhadap glukosa darah, dan masih banyak lagi. Dampak Negatif Minyak Habbatussauda Selain memiliki beragam manfaat, dari kesehatan sampai melezatkan masakan, habbatussauda juga memiliki risiko negatif. Ada beberapa penelitian yang menemukan komponen dalam obat yang terbuat dari jintan hitam ini bisa mempengaruhi pembekuan darah. Pastikan Anda berkonsultasi pada dokter, karena suplemen bisa berisiko bagi orang yang menderita penyakit tertentu. Ibu hamil juga tidak dianjurkan konsumsi minyak Habbatussauda. Penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa minyak bisa memperlambat kontraksi rahim jika dipakai dalam jumlah besar. Jika sedang hamil, pastikan Anda berkonsultasi pada dokter untuk mencegah resiko penyakit pada janin dan tubuh. (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *