Mengenal Lebih Dekat Rektor INSURI Ponorogo – Prof. Dr. H. M. Suyudi, M.Ag

Aswaja News – Lahir di Kabupaten yang terkenal dengan sebutan “Kota Gethuk” yaitu Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada 1 April 1957, Sosok yang berzodiak Aries ini menghabiskan masa kecil di Dusun Pangkat, Desa Mangunrejo Kabupaten Magelang. Memulai tingkat pendidikannya di SDN Tegalrejo Magelang dan menyelesaikannya di tahun 1969.

Suyudi melanjutkan pendidikan di PGAP di Magelang selama 4 tahun sekaligus memperdalam ilmu agama di Pondok Pesantren Al-Hidayah Grabag Magelang. Suyudi tetap melanjutkan passion-nya untuk menjadi seorang pendidik dengan melanjutkan ke jenjang PGA selama enam tahun yang dimulai pada kurun waktu tahun 1976 hingga akhir tahun 1982.

Kehidupan awal menjadi mahasiswa ia jalani di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sejak tahun 1983. Sejak tahun 1983-2003, Suyudi sangat setia dengan Yogyakarta sampai berhasil menyelesaikan program Doktor di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Suyudi menemukan tambatan hatinya pada sosok Dra. Hj Ummi Mamudah, M.Ag. Pada 25 Januari 1982 dipilih sebagai hari untuk mengucap janji suci di pelaminan dan yang menarik adalah sebenarnya Suyudi sempat mewanti-wanti adiknya untuk tidak menikah sebelum menyelesaikan pendidikan sarjananya, namun pada kenyataanya justru sang kakaknya sendiri yang “melanggar” petuahnya sendiri yang ia sampaikan kepada adiknya.

Sejak muda, Suyudi dikenal aktif berorganisasi dibuktikan dengan menjadi Lurah di Pondok Pesantren Al-Hidayah Magelang periode tahun 1975 Ketua PMII Rayon Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga periode tahun 1978-1979 Sekertaris PMII Rayon Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga 1980. Karier Suyudi sebagai seorang pendidik dimulai pada tahun 1985 sebagai ustadz di Pondok Pesantren Wali Songo, Ngabar, Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Lalu menjadi Dosen di Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo dimulai pada tahun 1988. Di IAI Riyadlotul Mujahidin pula, Suyudi diberikan amanah untuk menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah pada tahun 1994. Puncaknya pada tahun 2006, Suyudi dilantik sebagai Rektor IAI Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo.

Suyudi juga merupakan salah satu pimpinan terlama sebagai Direktur Program Pascasarjana Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo pada medio tahun 2004 hingga tahun 2013. Di lingkungan Kementerian Agama, Suyudi merupakan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo di tahun 2003, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Magetan di medio tahun 2009 hingga 2011, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jombang pada tahun 2011 hingga 2012. Kepala Bidang Mapenda Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur juga sempat diembannya pada tahun 2008.

Di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri, Suyudi pernah menjabat sebagai Kepala P3M STAIN Ponorogo pada tahun 1998, Ketua Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo pada tahun 2002, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sejak tahun 2012. Terbaru, Suyudi menjabat sebagai Rektor Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo untuk periode tahun 2021 hingga tahun 2025. (Nda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *