LP Ma’arif Kabupaten Madiun Study Tiru ke LP Ma’arif Kabupaten Ponorogo

Aswaja News – Semangat Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif Kabupaten Madiun yang baru untuk memajukan lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya Study Tiru ke Lembaga Pendidikan Ma’arif Kabupaten Ponorogo (14/06) mulai pukul 19.30 di kantor kompleks Masjid Nahdlatul Ulama Ponorogo.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif Kabupaten Madiun Drs. H. Orbasan Wazir, M.Pd.I dan diterima langsung oleh Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif Kabupaten Ponorogo Asaduddin Lukman, M.Pd.I. Dari Madiun diikuti oleh 17 orang pengurus.

Studi Tiru ini bertujuan untuk mendapatkan masukan-masukan positif yang akan diterapkan di Madiun, karena Lembaga Pendidikan Ma’arif Kabupaten Madiun masih perlu banyak pembenahan.

Perlu diketahui bahwa Lembaga Pendidikan Ma’arif Madiun baru memiliki satu sekolah naungan, yaitu SMK Ma’arif Dolopo. Kondisi ini jauh berbeda dengan Ponorogo yang telah menaungi 114 sekolah mulai dari tingkat MI sederajat sampai MA sederajat. Hal ini yang menjadi dasar kenapa Ponorogo yang dituju selain jaraknya yang dekat.

Studi tiru ini dikemas dengan dialog saling tukar pengalaman untuk dijadikan pengetahuan dalam melaksanakan tugas. Pak Lukman (panggilan akrab Ketua LP Ma’arif Ponorogo) mengatakan bahwa keteladanan para pengurus NU menjadi penting untuk mengintegrasikan sekolah-sekolah yang bercorak NU untuk bergabung dengan LP Ma’arif. Di Madiun banyak sekali sekolah bercorak NU tapi masih enggan bergabung dengan LP Ma’arif. “Kita harus memiliki keberanian untuk matur kepada para Kyai dan tokoh NU yang belum bergabung dengan LP Ma’arif” ucap beliau. “Selain itu juga harus sinergis dengan lembaga dan Banom lain di internal NU misalnya NU-CARE LAZISNU” tambahnya.

Ketua LP Ma’arif Kabupaten Madiun menyambut baik saran saran yang beliau sampaikan. Apa yang didapat malam ini akan menjadi masukan positif untuk dikembangkan di Madiun. Acara ditutup pada pukul 23.00 dengan lancar dan hangat. (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *