Indahnya Indonesia Kita

Oleh: Rosadi Jamani (Dosen UNU Kalbar)

Negeriku Indonesia. Tempat lahir beta. Akan jadi tempat terakhir saya. Tak ada negeri di dunia seindah Indonesia. Boleh dong memuji negeri sendiri. Tak seperti yang disana, malah menjelekkan negerinya sendiri.

Majalah Forbes, majalah top dunia ini, bukan abal-abal cap kaleng-kaleng, menetapkan negeriku, negerimu, dan negeri kita sebagai negara terindah di dunia. Bilang wow lah…wow…Hebat bukan. Keindahan negara yang dipimpin Jokowi ini disusul Selandia Baru nomor dua, dan Kolombia nomor tiga. Amerika Serikat yang diagung-agungkan Hollywood itu berada di urutan 12.

Indonesia memang indah. Dunia sudah mengakuinya. Sebagai garuda di dadaku, patut bangga. Mana dadamu! Saya barisan orang yang selalu bangga pada Indonesia. Walaupun ada jeleknya, wajarlah. Tak semua indah memang.

Indah yang dimaksud, bukan indah Pak Haji Mansur yang halamannya digusur, bukan. Indah itu memang kembang desa, tahu saya. Tapi, indah dimaksud, indah alamnya. Dari laut, gunung, danau, air terjun, sungai, hutan, banyak lagi. Belum lagi flora dan faunanya. Dari komodo, gajah, harimau, beruang, tapir, enggang, banyak lagi. Sampai nyamuk pun diternak orang di sini.

Itu soal keindahan alam, dunia sepakat menetapkan Indonesia. Tapi, soal lain misalnya dengan korupsi, jangan diadulah, malu wak. Udah itu saja, selamat ngopi. #camanewak