Tebing Breksi Sleman, Area Tambang yang Kini Jadi Wisata Indah nan Memikat

AswajaNews – Tak hanya wisata alam pantai yang menjadi wisata kebanggaan Jogja, namun ada juga wisata lain yang tak kalah indah. Kali ini giliran Tebing Breksi yang menarik minat pengunjung dari tebing-tebingnya yang menjulang tinggi.

Tebing Breksi berlokasi di Jl. Desa Lengkong, RT 02/RW 07, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman. Akses jalannya yang mudah membuat banyak pengunjung tak kesulitan saat akan mengunjungi. Letaknya juga tak jauh dari pusat kota atau jalan raya antar kota. Kalian bisa memanfaatkan lokasi di google maps jika belum pernah ke Tebing Breksi.

Wisata Tebing Breksi merupakan wisata tebing bebatuan kapur tua yang dulunya tempat tambang bagi warga sekitar. Setalah tebing ini tidak aktif lagi melakukan pertambangan, Tebing Breksi ini ditetapkana sebagai Geoheritage Yogyakarta atau warisan geologi yang punya nilai penting dalam bidang budaya, pendidikan, keilmuan, dan estetika.

Tebing Breksi ini menyuguhkan beberapa spot indah yang bisa dikunjungi wisatawan. Yang paling terlihat saat pertama datang adalah tebing dangan corak relief khas tokoh pewayangan. Corak ini berukuran besar dan lebar, jadi biasa digunakan sebagai spot foto. Biasanya jika pengunjung sedang ramai maka harus antri dulu untuk bisa foto di sini.

Selanjutnya kalian bisa naik melalui tangga yang ada dan menuju ke area atas Tebing Breksi. Karena lokasinya berada di ketinggian, ketika kalian berada di atas maka kalian bisa melihat Kota Yogyakarta dari atas Tebing Breksi. Hamparan pepohonan hijau dan juga bangunan-bangunan yang ada di bawah akan terlihat jelas dari sini.

Pada bagian atas juga banyak sekali spot foto mulai dari foto dengan latar belakang hamparan pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian, tulisan Tebing Breksi, taman-taman yang ada di atas, serta spot-spot lain yang bisa kalian manfaatkan untuk berfoto yang aesthetic.

Terdapat juga danau kecil yang ada di bagian bawah tebing dan bisa dimanfaatkan untuk berfoto. Spot foto lain yakni adanya burung hantu yang ada di dekat tebing dengan ukiran relief tokoh pewayangan tadi. Hal ini sangat menarik wisatawan apalagi anak kecil yang ingin berfoto dengan burung hantu.

Pengunjung juga dapat mengendarai jeep untuk berkeliling di sekitaran Tebing Breksi ini, hal ini akan menjadi sensasi berbeda liburan kalian. Kalian bisa memesan jeep untuk rute yang kalian mau. Harga satu kali short trip dengan jeep ini berkisar 300 ribu dengan rute seperti warung payung, candi ijo dan yang lainnya.

Harga tiket masuk Tebing Breksi ini hanya 10 ribu per orang dengan fasilitas yang lengkap seperti halaman parkir yang luas, toilet, mushola, dan banyaknya warung-warung di area Tebing Breksi. Kalian bisa mengunjunginya pada pukul 08.00-21.00 WIB pada hari senin-jumat dan 07.00-21.00 WIB pada Sabtu-Minggu.*** (Fauza)

2 thoughts on “Tebing Breksi Sleman, Area Tambang yang Kini Jadi Wisata Indah nan Memikat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *