Meskipun Terdengar Tidak Menarik, ‘Kue Lumpur’ Suguhkan Tekstur dan Rasa Unik

AswajaNews – Banyak sekali jajanan di Indonesia yang masih eksis hingga saat ini, salah satunya kue lumpur yang juga merupakan jajanan yang masuk pada jenis jajanan basah. Kue dengan bentuk khas bulat pipih ini memiliki rasa serta tekstur yang unik dan jarang dimiliki jajanan lain.

Pengalaman kuliner kalian akan bertambah jika sudah menikmati kue lumpur. Kue ini memiliki tekstur yang lembut di seluruh bagian namun di bagian dalam akan lebih lumer.

Rasa dari kue ini yaitu manis berpadu dengan gurih, jadi bagi kalian yang memakannya tidak akan merasakan rasa yang monoton manis saja dan membuat cepat bosan saat makan. Biasanya akan diberikan hiasan warna pada atasnya atau menggunakan kismis hingga parutan kelapa, hiasan ini akan mempercantik tampilan kue lumpur.

Meskipun namanya kue lumpur dan terdengar tidak terlalu menarik karena lumpur identik dengan sesuatu yang kotor, namun kue lumpur ini sudah memiliki banyak sekali penggemar.

Ada beberapa pendapat yang menyatakan kue ini berasal dari Portugis dan Tionghoa. Kue ini mirip dengan pasteis de nata dari Portugis yang berbahan dasar custard dan kuning telur, lalu kue lumpur berkembang dengan menggabungkan bahan-bahan tradisional dan lokal Indonesia.

Kue ini biasa dijual di pasar tradisional ataupun toko kue modern yang kini sudah banyak merambah menjual jajanan tradisional. Harga yang dipatok juga sangat terjangkau, jadi bisa dinikmati banyak orang. Jika kalian ingin membuat sendiri kue lumpur ini, berikut bahan dan juga cara pembuatannya:

Bahan-bahan:

200 gram tepung terigu
250 ml susu cair
4 butir telur
150 gram gula pasir
¼ sdt vanili
¼ sdt garam
50 gram margarin yang dilelehkan
Pewarna makanan (opsional)

Langkah-langkah:

– Campurkan terigu, gula pasir, vanili bubuk, dan garam menjadi satu

– Jika sudah tercampur, masukkan sedikit demi sedikit susu cair dan aduk hingga teksturnya menjadi lebih mengental

– Selanjutnya tambahkan telur dan aduk hingga rata

– Tuangkan margarin yang sudah dilelehkan

– Kalian bisa menambahkan pewarna makanan jika di inginkan atau menambahkannya di atas untuk hiasan saja

– Tuang adonan ke loyang dan panggang selama 20 menitan

– Angkat kue dan dinginkan

– Kue lumpur siap dinikmati

Kue lumpur ini juga bisa dikreasikan dengan warna atau topping sesuai selera, jadi kalian bisa berkreasi dengan resep yang sudah disebutkan di atas. Selamat mencoba.*** (Fauza)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *