Alhamdulillah…Doktor Ke 15 INSURI Ponorogo Lahir…Selamat Mas Misbahuddin

Aswajanews – Selasa, (20/08/2024) mulai pukul 13.00, salah satu dosen INSURI Ponorogo dari Fakultas Dakwah Muhammad Misbahuddin dikukuhkan menjadi Doktor dalam bidang Ilmu Agama Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor ini di pimpin oleh Prof. Dr. M. Machasin, dengan anggota Prof. Dr..Dudung Abdurrahman, M.Hum (promotor), Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D (promotor), Dr. Nurul Hak, S.Ag., M.Hum, Prof. Dr. Azis Muslim, M.Pd., Dr. Ustadi Hamzah, S.Ag., M.Ag., Dr. Maharsi, M.Hum.

Dr. Misbahuddin mempertahankan Disertasinya dengan judul “Respon Umat Islam Dalam Gerakan Kesehatan Era Mangkunegara VII, 1916 – 1942 M”.

Disertasi ini membahas mengenai dinamika politik kesehatan yang terjadi pada masa pemerintahan Mangkunegaran antara tahun 1916 -1942 dimana peran pemerintah kolonial Belanda mengkonstruksi pemahaman tentang kesehatan sehingga mendapat reaksi yang beragam oleh umat Muslim.

Fenomena di atas memiliki pola seperti pada wabah covid 19 melanda Indonesia, yang mana umat Islam pro dan kontra dalam menyikapinya.

Perlu diketahui bahwa Dr. Misbah (panggilan akrabnya) adalah dosen tetap Fakultas Dakwah INSURI Ponorogo dan menjabat sebagai Kepala LPPM INSURI Ponorogo.

Selain di kampus, Dr. Misbah juga aktif sebagai pengurus PC ISNU Ponorogo Bidang Publikasi dan Riset serta sebagai Pengurus Ranting NU Ngunut.

Hadir dalam sidang ini perwakilan dari INSURI Ponorogo sebanyak 21 orang dan para kolega serta keluarga dari Dr. Misbah. Selamat ….!! (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *