5 Hal Penting dalam Upaya Pengembangan Diri

AswajaNews – Setiap manusia pasti menginginkan kemajuan dalam hidup. Kemajuan atau kesuksesan seringkali di ekspresikan dengan kepemilikan ekonomi yang mapan. Namun tidak banyak yang menyadari bahwa perubahan untuk menuju sukses berasal dari kesadaran diri.

Fenomena menyatakan bahwa generasi Z masih banyak yang hidupnya bergantung pada orang tua alias belum punya tujuan hidup yang jelas.

Hal tersebut menunjukkan kurangnya kesadaran dalam proses perkembangan diri. Sehingga membuat diri menjadi terperdaya dan terjebak dalam situasi yang nyaman.

Setidaknya ada 5 hal yang harus dipenuhi bagi seseorang yang benar-benar siap dan ingin mengembangkan diri.

Tetapkan Tujuan

Tujuan menjadi unsur penting yang harus dimiliki dalam hidup. Hidup yang tanpa tujuan seperti berlayar tanpa pelabuhan terombang ambing dan lama-lama akan tenggelam.

Hidup tanpa tujuan seperti hidup tanpa gairah. Tujuanlah yang membuat hidup semakin bermakna dan membuat daya juang semakin meningkat. Oleh karena itu sebelum melangkah melakukan sebuah perubahan tetapkan tujuan yang jelas. Mau menjadi bagian mana dalam kehidupan ini.

Fokus pada Tujuan

Tak cukup hanya menetapkan tujuan, fokus pada tujuan juga sangat diperlukan. Tak bisa dipungkiri dalam hidup pasti banyak bersinggungan dengan orang banyak. Apalagi di era digital ini semakin mudah saja akses dunia luar. Sehingga kita sangat mudah terpengaruh sana sini.

Melihat keberhasilan orang lain kita semakin goyah dengan tujuan. Ingin ikut-ikutan dengan yang sudah sukses. Sesekali menutup diri dari hal-hal yang membuatmu goyah atau membuat hati kalian menginginkan apa yang dimiliki orang lain itu sah-sah saja. Mulai fokus dengan dirimu sendiri. Mulai perbaiki mindset bahwa proses menuju sukses tidak ada yang instan.

Disiplinkan Diri

Mendisiplinkan diri adalah harga yang harus di bayar untuk kesuksesan. Disiplin membuat hidup semakin terarah, tertata, dan rapi. Tidak semua orang mampu mendisiplinkan diri. Maka untuk hal ini butuh konsistensi yang cukup berat. Buat beberapa perubahan dan disiplinkan diri untuk terus melakukannya.

Asah Curiosity

Curiosity atau rasa ingin tahu sangat membantu dalam upgrade diri. Curiosity memacu semangat terus belajar dan berkembang. Curiosity sebenarnya sudah ada secara alamiah. Namun seringkali dikubur oleh sistem pendidikan. Oleh karenanya perlu sekali untuk membangkitkan kembali curiosity agar semangat belajar terus terpacu.

Tegas pada Diri Sendiri

Dalam mendidik diri juga harus tegas mengatakan ya jika sanggup dan tidak jika benar merasa cukup atas kemampuan diri. Jangan terus-menerus mengatakan iya hanya karena merasa tidak enak. Tegaslah agar setiap waktu mu tidak terbuang sia-sia.*** (Alfina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *