2 Pelajar Ponorogo Terpilih Jadi PASKIBRAKA 2024 Provinsi Jatim

AswajaNews – PASKIBRAKA merupakan komponen penting bagi pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan, khususnya yang akan diselenggarakan di halaman Gedung Negara Grahadi pada setiap tanggal 17 Agustus.

Sebagai bagian dari proses persiapan tersebut, Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur telah melakukan seleksi calon peserta PASKIBRAKA dari siswa SLTA 37 Kab/Kota se Jawa Timur.

Tahap selanjutnya memilih 1 orang putra dan 1 orang putri untuk dikirim ke tingkat nasional dan 74 (putra dan putri) yang akan dilatih, mulai dari baris berbaris, formasi barisan, manuver barisan, melipat serta mengibarkan bendera dan sebagainya.

Tujuan dari kegiatan ini antara lain :

  • Sebagai media untuk menanamkan wawasan kebangsaan, nilai-nilai luhur patriotisme yang menjadi faktor signifikan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Membangun tradisi dan perilaku yang positif bagi pelajar. Karena kegiatan PASKIBRAKA mengisyaratkan pentingnya kedisiplinan, ketegasan, kecerdasan dan kebersamaan.
  • Menumbuhkan semangat kemerdekaan bagi generasi muda dan menanamkan nilai-nilai sosial, agar mampu menanamkan sikap dan perilaku yang menyimpang dari kehidupan masyarakat yang semestinya.

Pada minggu kedua bulan Juli ini, Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur baru saja mengumumkan hasil seleksi paskibraka tahun 2024. Perwakilan dari kabupaten Ponorogo yang terpilih untuk menjadi paskibraka tingkat Propinsi Jawa Timur adalah :

  1. Wajraceyna Muhammad Surya: Pelajar SMAN 2 Ponorogo.
  2. Bilqis Zuhriyya Hidayat: Pelajar Madrasah Aliyah Al Islam Joresan Ponorogo.

Yang menggembirakan, pelajar madrasah yang berada di lingkungan Kementerian Agama Ponorogo Ponorogo baru pertama kali dalam sejarah mampu terpilih menjadi PASKIBRAKA tingkat Propinsi Jawa Timur.

“Ini merupakan yang pertama dalam sejarah, siswa madrasah mampu berkiprah di tingkat Provinsi, ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami keluarga madrasah dan kementerian Agama,” ungkap Imron Ahmadi, Kepala MA Al Islam Joresan Ponorogo.

Terpilihnya kedua pelajar Ponorogo ini setelah mengikuti Seleksi yang dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 3 Mei 2024 sampai dengan 6 Mei 2024 di BPSDM Provinsi Jawa Timur.

Rangkaian seleksi sendiri terdiri dari Tes TIU dan TWK, Psikotes, Tes Kesehatan, Tes Kesamaptaan, Tes Wawancara, Tes PBB, TEs Kesehatan, dan terakhir Pantukhir.

Dari rangkaian ini, akhirnya dipilih 2 orang yang akan mewakili Kabupaten Ponorogo untuk menjadi PASKIBRAKA Provinsi Jawa Timur pada 17 Agustus 2024 di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya.*** (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *