Edukasi Haji, Al Islam Joresan Berkolaborasi dengan LKPTPA Ponorogo Ajak 3.000 Santri Cilik Latihan Manasik

AswajaNews – Guna memberikan edukasi terkait pelaksanaan ibadah haji dan umroh, utamanya pada anak usia dini, Pondok Al Islam Joresan berkolaborasi dengan LKTTPA Ponorogo. Latihan manasik haji dilaksanakan di lapangan utama dan halaman beberapa gedung di Pondok Al Islam Joresan pada Ahad (23/6/2024).

Ustadz Komarudin Fahmi, ketua LKPTPA Ponorogo berkesempatan membuka kegiatan besar ini menyampaikan terima kasih atas kolaborasi LKPTPA dan Pondok Al Islam Joresan untuk menyelenggarakan kegiatan latihan manasik haji.

Menurutnya, hal ini merupakan pondasi yang baik bagi anak-anak, khususnya dalam mengenal tentang rukun Islam, terutama rukun yang ke 5.

“Terima kasih kepada pimpinan Pondok Al Islam Joresan yang memfasilitasi kegiatan latihan manasik haji yang diikuti sekitar 3.000 santri TPA se Ponorogo. Kita semua yakin bahwa sebenarnya ini akan memberikan sebuah pondasi yang baik bagi anak-anak terutama Santri TPA Se Ponorogo,” ungkap Ustadz Fahmi.

“Khususnya pengetahuan tentang rukun Islam mulai dari syahadat sampai dengan haji, dan sekarang diperkenalkan manasik haji di tempat yang representatif ini,” imbuhnya.

Selain itu, diungkapkan juga oleh panitia pelaksana, bahwa sebagaimana yang disampaikan ketua LKPTPA,  kegiatan latihan manasik haji pada hari ini merupakan tahap perkenalan bagi santri TPA, dan kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan oleh teman teman TPA se Ponorogo.

“Penting lagi nilai-nilai yang diajarkan di sini akan terus bisa diingat oleh santri-santri, bisa menjadi budi pekerti yang lebih baik, serta harapannya dengan manasik ini mereka mempunyai keinginan yang besar untuk bisa melaksanakan ibadah umroh dan haji ke Mekah dan Madinah,” kata Ida.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Pondok Al Islam Joresan mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan event terkait manasik haji yang pertama kali diselenggarakan LKPTPA Ponorogo. Ia berharap pemilihan tempat untuk kegiatan manasik aji (edukasi bidang keagamaan) sebagai role model bagi lembaga lain untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Al Islam Joresan.

Lebih lanjut Usman Yudi menjelaskan event terkait latihan manasik haji massal di Al Islam Joresan ini menunjukkan komitmen agar Al Islam bisa membawa manfaat bagi umat.

“Karena tempat kami selain untuk proses pembelajaran rutin di pondok, kami juga berharap bagaimana bisa kita memberikan edukasi dan manfaat kepada umat,” ungkapnya.

Kegiatan latihan manasik haji yang diikuti 3.000 santri TPA se Kabupaten Ponorogo tahun ini di gelar di Al Islam Joresan dengan narasumber Ustadz H. Slamet Susilo, M.Pd dari KBIH Haromain dan dibimbing oleh pengurus dan guru TPA yang tergabung dalam LKPTPA Ponorogo.*** (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *