9 Bahan Makanan Pemecah Kolesterol Pasca Makan Daging, Cocok Sambut Idul Adha


Aswaja News – Hari raya idul adha atau hari raya qurban merupakan salah satu hari keagaman yang dimiliki oleh umat Islam di seluruh dunia dan selalu dinanti-nantikan kedatanganya karena banyak daging hewan yang dibagi-bagikan kepada sesama.

Seperti yang diketahui, daging hewan seperti kambing dan sapi memiliki kadar kolesterol yang terkadang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Namun jangan khawatir, Aswaja news telah merangkum beberapa bahan makanan yang mampu memecah kadar kolesterol di tubuh, Ini selengkapnya.

  1. Coklat Hitam

Coklat hitam atau yang biasa dikenal dengan dark chocolate ternyata juga bisa berpengaruh positif terhadap kadar kolesterol.

Kakao yang terdapat dalam cokelat hitam mengandung flavonoid, sebuah kelompok senyawa yang juga ditemukan dalam banyak buah dan sayuran. Sifat antioksidan dan antiinflamasi mereka dapat bermanfaat bagi kesehatan.

  • Gandum
    Gandum ini kaya akan serat larut. Serat larut membantu menurunkan kolesterol. Serat larut menempel pada molekul kolesterol dan membuangnya dari tubuh.

    Begitu juga dengan oatmeal atau sereal lainnya yang berbahan dasar gandum merupakan sumber serat larut yang baik. Adapun anjuran untuk mencukupi serat larut sebanyak 5 hingga 10 gram perhari.
  • Beras Ragi Merah
    Perlu diketahui beras merah (brown rice) dan beras ragi merah (red yeast rice) adalah dua hal yang berbeda, walaupun sama-sama varietas padi.

    Salah satu senyawa yang dapat menurunkan kolesterol dalam beras ragi merah disebut monakolin K, bahan yang sama yang terdapat dalam obat penurun kolesterol resep lovastatin.
  • Apel
    Sebuah studi kecil pada tahun 2019 menemukan bahwa di antara 40 partisipan dengan kolesterol sedikit tinggi, mengkonsumsi dua apel sehari mengurangi baik total maupun tingkat kolesterol LDL. Hal ini juga menurunkan tingkat trigliserida, jenis lemak yang masuk ke dalam aliran darah setelah makan.

    Satu apel bisa mengandung 3-7 g serat pangan, tergantung pada ukurannya. Selain itu, apel mengandung senyawa yang disebut polifenol, yang juga mungkin memiliki efek positif pada tingkat kolesterol.
  • Kacang-kacangan
    Sebagian besar kacang mengandung campuran asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

    Kacang tanah, kenari, almond, dan jenis kacang lainnya dapat menjadi pilihan makanan yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Namun, penting untuk memperhatikan ukuran porsi karena kacang juga tinggi kalori.

    Disarankan untuk membatasi konsumsi kacang sekitar segenggam atau sekitar 1-1,5 ons per hari. Pilihlah kacang utuh tanpa tambahan gula atau garam.
  • Alpukat
    Alpukat kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian pada tahun 2015 menyimpulkan bahwa mengkonsumsi satu alpukat sehari sebagai bagian dari diet, membantu dalam menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Pasalnya, alpukat bisa menurunkan kolesterol LDL tanpa menurunkan high-density lipoprotein (HDL).

    Satu cangkir alpukat mengandung 14,7 g lemak tak jenuh tunggal, yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Kedelai
    Produk kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan variasi lainnya ternyata juga efektif dalam menurunkan kolesterol dan mengurangi lemak jenuh.

    Kedelai juga bisa menggantikan daging dan susu tinggi lemak karena memiliki kandungan protein yang tinggi.
  • Teh Hijau
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam teh dapat membantu menurunkan kolesterol. Meta-analisis dari American Journal of Clinical Nutrition menyarankan bahwa teh hijau secara signifikan mengurangi kolesterol total, termasuk LDL atau kolesterol “jahat”, di dalam darah hingga 2,19 mg/dL. Namun, teh hijau tidak mempengaruhi HDL, atau kolesterol “baik”.
  • Secang
    Secang merupakan tumbuhan herbal yang kayunya biasa dimanfaatkan sebagai minuman herbal.
    Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung, dan dengan menggunakan kayu secang, kita dapat secara alami menyeimbangkan tingkat kolesterol dalam tubuh. (Mus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *