Unik…Rombongan Muslimat NU Ponorogo Adakan Sima’an Al-Qur’an Dalam Bus Menuju GBK

Aswaja News – Keunikan terjadi dalam rombongan ibu ibu Muslimat Ponorogo saat Perjalanan ke Gelora Bung Karno Jakarta Jumat, 19 Januari 2024. Betapa syahdunya Ibu-ibu Muslimat NU Ponorogo saat sedang perjalanan ke Gelora terbesar di Indonesia ini dalam rangka untuk mengikuti peringatan Hari lahir Muslimat NU ke 78, namun dalam sepanjang perjalanan melakukan semaan Al-Qur’an di dalam Bus.

Seperti diketahui Rombongan bu-ibu Muslimat NU dari Ponorogo berjumlah 6 Bus ini tengah melakukan semaan Al-Quran saat melakukan perjalanan menghadiri Harlah Ke-78 Muslimat NU di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat, Jumat-Sabtu (19-20/1/2024).

Ulin Na’mati Millati Azka salah satu jamaah yang berasal dari Pondok Jenes ini membenarkan bahwa saat rombongan dari Ponorogo ke Jakarta yang memerlukan waktu lebih dari 10 jam ini dimanfaatkan untuk khotmil Qur’an. Ia tambahkan jamaah muslimat yang ada di busnya ketepatan rombongan Hafidzoh muslimat. Sehingga memanfaatkan waktu untuk tetap menjaga hafalan Al Qur’an nya.

“Dengan kegiatan ini berharap kelak lahir generasi emas dari para penghafal Al-Qur’an Muslimat NU. Sehat-sehat selalu Ibu-ibu Muslimat Nahdlatul Ulama. Semoga dari beliau beliaulah anak-anak emas bangsa akan lahir. Aku bagian dari warga Indonesia kelak menitipkan bangsa Indonesia kepada generasi muda penerus bangsa,” tambah Ulin na’mati Millati Azka salah seorang Pengurus Ikatan Hafidzoh Muslimat NU Ponorogo.

Ulin, sapaan akrabnya mengatakan bahwa khataman Al-Qur’an di bus dilakukan oleh 20 orang hafidzoh yang tergabung dalam Ikatan Hafidzoh Muslimat (IHM) Ponorogo. Sejak keberangkatan dari Ponorogo mereka telah mengkhatamkan Al-Qur’an.

“Sebelum berangkat kemarin sudah mengkhatamkan 5 khataman Al-Qur’an, selama di bus 1 khataman, insyaallah nanti di GBK 1 khataman,” tuturnya kepada Aswajanews.

Perayaan Hari Lahir (Harlah) Ke-78 Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, dimulai pukul 00.00 WIB, Sabtu (20/1/2024). Kegiatan harlah diawali dengan khataman Al-Qur’an sebanyak 2024 kali. Ketua Panitia Pelaksana Harlah Ke-78 Muslimat NU, Hj Siti Aniroh mengungkapkan bahwa terkait teknis pelaksanaan khatmil Qur’an, satu rombongan bus dalam perjalanan menuju GBK diminta untuk mengkhatamkan satu kali.

“Bus rombongan jamaah diperkirakan berjumlah 2.995. Dari situ setiap satu rombongan bus dalam perjalanan menuju GBK dimohon mengkhatamkan satu kali,” ujar ketua panitia tersebut.

Ia menjelaskan bahwa nantinya setiap kepala rombongan akan membaca 1 juz dari mushaf yang nanti dibagi di depan pintu masuk Stadion Utama GBK. “Dari hitungan di atas, sudah pasti angka akan melebihi 2024. Angka 2024 dipilih (meskipun sebetulnya melampaui itu) sebagai penanda silaturahmi ini diadakan di 2024,” jelasnya.(IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *