Setelah Hujan Lebat, Jembatan Gendol Dipenuhi Enceng Gondok Menyumbat Aliran Sungai….Bahaya…!!!

Aswaja News – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Ponorogo dan sekitarnya Kamis Sore, 4 Januari 2024. Menyebabkan masalah baru bagi jembatan Gendol Jabung Mlarak Ponorogo.

Betapa tidak, timbunan Enceng Gondok menyumbat di jembatan desa tersebut. Karena setelah jembatan tersebut ambrol pada musim hujan tahun kemarin dan baru ada perbaikan darurat, akibat hujan deras kemarin tumbuhan dedaunan Eceng Gondok yang tumbuh di sepanjang sungai gendol menyebabkan tersebut di bawah jembatan.

“Ini sangat berbahaya sekali apabila beberapa hari ini turun hujan. Akan mengakibatkan banjir wilayah Jabung dan sekitarnya ” ungkap salah satu warga Jabung.

Seperti diketahui, selain Eceng Gondok juga banyak sekali kayu dan bambu yang terbawa arus air di sungai Gendol sehingga dapat menyebabkan tersumbatnya sampah di jembatan Gendol tersebut.

Jumat pagi, 5 Januari 2024 sedang ada proses pembersihan secara sederhana dan alat seadanya oleh Masyarakat sekitar, pemerintah Desa Jabung dan anggota Polsek dan Koramil Mlarak. Namun belum maksimal. Kegiatan ini terus dilakukan sambil menanti petugas dari BPBD kabupaten Ponorogo yang sudah dihubungi oleh pemerintah Desa Jabung kecamatan Mlarak Ponorogo.

Masyarakat Desa Jabung berharap, segera ada tindakan pembersihan dari fihak fihak terkait agar tidak terjadi banjir saat hujan turun. Karena selain merugikan warga, juga akan menghambat akses jalan masyarakat dari kecamatan Mlarak ke Jetis dan sebaliknya. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *