Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ponorogo Laksanakan Kursus Mahir Dasar di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan

Aswaja News – Kwartir Cabang Ponorogo setiap tahun secara rutin mengadakan Kursus Mahir Dasar (KMD) di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan di Pondok Pesantren Al-Islam untuk membekali jiwa organisasi dan kepemimpinan terutama Melalui kegiatan Pramuka. Event ini diperuntukkan bagi santri kelas V atau setara dengan kelas XI SMA/MA, sebagai bagian dari upaya kaderisasi di bidang kepramukaan.

KMD tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 1-8 Juli 2023 yang diikuti oleh peserta kursus yang berasal dari santri Pondok Pesantren Al Islam Joresan dan beberapa santri pondok Alumni dan pondok sahabat.
Total peserta KMD tahun ini adalah 637 yang terdiri:
PP Al-Islam : 405
PP As-Sakienah Indramayu : 22
PM Al-Islam Nganjuk : 71
PP Darul Ihsan Nganjuk : 103
PP Ar-Rohmah Kediri : 31
PP Dipokerti : 5

Usman Yudi, pimpinan pondok Al Islam selalu kamabigus menyampaikan dalam sambutan pembukaan, Melalui KMD para santri dapat mengembangkan potensi diri dan kepribadian mereka. Selain keterampilan kepramukaan, pembentukan karakter yang kuat, mandiri, dan bertanggung jawab diharapkan menjadi output kegiatan KMD ini. Ditambahkan, bahwa kepramukaan adalah salah satu wadah yang efektif dalam membentuk generasi muda yang memiliki semangat kebangsaan, kecerdasan emosional, dan sikap kemandirian.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Dr. Sumani, M.Pd. sebagai ketua Harian kwarcab Ponorogo yang mewakili ketua KWARCAB Gerakan Pramuka Ponorogo, beliau mendapat tugas untuk membuka Kursus Mahir Dasar Di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan.
Mantan kepala Dinsos dan P3A menambahkan pendidikan pramuka adalah bentuk pendidikan non formal yang sangat berharga bagi perkembangan Generasi Muda di Indonesia. Dalam pramuka terdapat kegiatan penanaman nilai-nilai kemanusiaan, kepemimpinan dan pembentukan karakter yang kuat, sehingga dengan diadakannya KMD Kwartir Cabang Ponorogo ini, Para peserta kursus dapat memperoleh keterampilan dasar kepramukaan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Rangkaian kegiatan Kursus Mahir Dasar di Al Islam tahun ini terdiri dari rangkaian kegiatan yang mencakup pelatihan keterampilan, kegiatan luar ruangan, simulasi, kerjasama tim, kepemimpinan, ketangkasan, serta nilai-nilai kepramukaan yang mendasar sesuai dengan Anggaran dasar dan Anggaran rumah tangga kwartir Nasional gerakan Pramuka.

Seperti diketahui, KMD di Pondok Pesantren Al Islam Joresan ini dibuka oleh ketua kwarcab Ponorogo pada tgl 1Juli 2023 dan diserahkan kepada pusdiklat kwarcab sebagai pelaksana tehnis di lapangan bekerja sama dengan Pondok Pesantren Al Islam. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *